Selasa, 23 September 2014

NTT Sebagai Pusat Pariwisata

Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur bersama Swiss Contack melakukan survei terhadap wisatawan tentang destinasi wisata favorit di NTT. Mengutip Majalah Travelounge edisi Juli 2013, berikut lima destinasi wisata di NTT pilihan para wisatawan:
1. Pulau Komodo
Terdiri atas tiga pulau utama: Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar seluas 1.817 kilometer persegi. Saat treking di hutan hujan dan menjelajahi pegunungan raksasa, Anda bisa menemukan kuda, babi hutan, beragam jenis monyet, kerbau liar, kijang, dan hewan-hewan lainnya. Pulau Komodo juga memiliki kekayaan laut yang kaya: karang cantik dan laut biru yang bersih.
Penyelam profesional meyakini perairan Komodo termasuk situs diving terbaik di dunia. Di sebelah barat Pulau Komodo, Anda bisa berjemur di pantai yang dibalut hamparan pasir berwarna merah mudah (pink beach).
2. Labuan Bajo
Begitu menginjakkan kaki di Ibu Kota Kabupaten Manggarai Barat, Anda akan menemui kota muda yang bergeliat. Pantai Pede di bibir pantai kota menjadi obyek rekreasi favorit masyarakat yang menghabiskan akhir pekan. Pantai ini akan menjadi tempat puncak acara Sail Komodo.
3. Gua Batu Cermin
Bukit batu di bagian timur Bandara Komodo ini terdapat gua alam dengan stalaktit-stalaktit yang indah dan terus tumbuh.
Saat langit cerah, sinar matahari yang masuk dari lubang di atas gua, memantul ke dinding batu yang meredleksikannya ke area lain di dalam gua layaknya sebuah cermin. Di dalam gua, pengunjung dapat menemui laba-laba hitam, kelelawar, dan terkadang ular kecil.
4. Air Terjun Cunca Rami
Anda harus mengendarai atau menyewa mobil 4 WD jika ingin mencapai wisata alam di Kawasan HUtan Mbeliling ini. Pasalnya, kendaraan harus melalui jalan perbukitan tidak mulus dengan belokan, tanjakan, dan tikungan yang tajam.
Sesampainya di lokasi, Anda bisa membasuh muka dan badan, atau berenang jika mampu menahan airnya yang dingin.
5. Desa Wisata Budaya Liang Ndara
Termasuk dalam Kecamatan Sano Nggoang ndan berjarak 20 kilometer dari Kota Labuan Bajo atau waktu tempuh 45 menit.

Desa Liang Ndara menjadi pintu masuk kawasan Hutan Mbeliling dengan keindahan flora dan fauna. Desa ini terkenal dengan tarian tradisional caci, khas masyarakat Manggarai. Caci adalah adu ketangkasan dua pria dewasa yang mencambuk dan menangkis lawan secara bergantian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar